Bank Soal Prakarya dan Kewirausahaan (PKwu) - Materi Dasar

Deskripsi postingan blog

baranur

5/20/20254 min read

a man riding a skateboard down the side of a ramp
a man riding a skateboard down the side of a ramp

1. Santo berusaha membuat perencanaan yang matang untuk usaha kerajinannya, sehingga Santo memikirkan dari berbagai aspek untuk kelancaran usahanya, kemudian Santo akan memanfaatkan sumber daya yang mendukung kegiatan usahanya. Sumber daya yang akan digunakan Santo adalah …

a. Man, Metode, Material, Market, Mechine.

b. Man, Metode, Material, Mechine.

c. Man, Metode, Market, Mechine.

d. Man, Material, Market, Mechine.

e. Man, Metode, Material, Market, Money, Mechine.

2. Target usaha yang didalamnya terdapat keinginan dan kebutuhan yang akan dipenuhi berupa kesempatan baik untuk individu maupun kelompok disebut …

a. Resiko.

b. Usaha.

c. Peluang.

d. Peluang usaha.

e. Gagasan.

3. Kegiatan yang mengkombinasikan faktor-faktor produksi (man, material, method, money, market dan machine) yang ada untuk menghasilkan suatu produk, berupa barang yang dapat diambil nilai lebihnya atau manfaatnya oleh konsumen disebut....

a. Proses produksi.

b. Produksi.

c. Sumber daya.

d. Produksi pabrikasi material.

e. Proses produksi metode.

4. Skema proses dalam perencanaan usaha berdasarkan kebutuhan dan keinginan pada tahap pertama adalah!

a. Hasil proses.

b. Hasil rancangan.

c. Riset pasar.

d. Proses produksi.

e. Distibusi dan pemasaran.

5. Pasar lokal merupakan salah satu tempat yang sangat strategis untuk pengembangan produk, pasar tersebut dapat di bedakan berdasarkan ….

a. Potensinya.

b. Luasnya.

c. Fungsinya.

d. Tujuannya.

e. Internalnya.

6. Tantri wirausahawan dari daerah sumatera, Tantri menjual berbagai souvenir dengan bentuk dan corak khas dari daerah tersebut, akan tetapi Tantri bukan satu-satunya wirausahawan di wilayah tersebut, sehingga Tantri memiliki banyak saingan. Maka untuk mencapai peluang usaha yang baik Tantri memerlukan ......

a. Modal usaha.

b. Perhitungan yang rumit.

c. Kerja keras dan pengorbanan.

d. Perhitungan laba rugi.

e. Perencanaan usaha yang baik.

7. Berikut ini adalah contoh modifikasi makanan khas daerah dari yang dimodifikasi bahan bakunya adalah....

a. Telur asin asap

b. Burger rendang

c. Jamu kemasan botol

d. Pempek lele

e. Puding cendol

8. Perhatikan pernyataan berikut ini!

1) menggunakan BTP yang ada ijinnya

2) menggunakan BTP dalam jumlah yang dibolehkan

3) menggunakan jenis BTP yang sesuai dengan karakter produknya

4) menggunakan BTP yang banyak agar tampilan makanan sangat menarik

Pernyataan yang paling tepat terkait pemakaian BTP pada modifikasi makanan khas daerah adalah....

a. (1), (2), dan (3)

b. (1), (2), dan (4)

c. (2), (3), dan (4)

d. (3) dan (4)

e. (4) saja

9. Bahan dasar pembuatan lumpia khas Semarang adalah rebung. Modifikasi isian lumpia yang dapat dilakukan untuk seorang vegetarian yang tidak menyukai rebung adalah...

a. Mengganti rebung dengan ikan

b. Mengganti rebung dengan kepiting

c. Mengganti rebung dengan udang

d. Mengganti rebung dengan ayam

e. Mengganti rebung dengan jamur tiram

12. Salah satu cara untuk mengembangkan usaha adalah sebagai berikut, kecuali….

A. Meningkatkan promosi

B. Mengenal relasi

C. Memperluas jaringan

D. Meminimalisir biaya operasional

E. Mengatur keuangan dengan baik.

13. Dalam masa pandemi sekarang ini cara terbaik manakah yang bisa dilakukan pelaku usaha agar tetap bisa mengembangkan usaha :

A. Meningkatkan promosi

B. Mengenal relasi

C. Memperluas jaringan

D. Meminimalisir biaya operasional

E. Mengatur keuangan dengan baik.

14. Menghasilkan dokumentasi penilaian yang tepat untuk melindungi karyawan dan pembisnis merupakan….

A. Tujuan utama dari sistem evaluasi kinerja

B. Fungsi utama dari sistem evaluasi kinerja

C. Tujuan evaluasi kelayakan usaha

D. Fungsi evaluasi kelayakan usaha

E. Manfaat evaluasi sistem evaluasi kinerja

15. Permasalahan yang sering muncul dalam evalua si usaha adalah….

A. besarnya modal usaha jadi permasalahan UKM paling mendasar

B. tingginya inovasi produk

C. mudah mendistribusikan barang

D. memaksimalkan pemasaran online

E. tidak memiliki izin usaha resmi

16. Untuk memaksimalkan pemasaran online, hal utama yang harus dilakukan pengusaha UKM adalah….

A. mencari informasi mengenai prosedur mengurus perizinan usaha, lalu terapkan caranya satu per satu

B. melakukan pembukuan usaha setiap harinya

C. meningkatkan daya saing produk, para pelaku UKM harus lebih kreatif dan inovatif dalam memproduksi barang

D. memilih saluran pemasaran online yang tepat, lalu fokus memasarkan di saluran tersebut, dan terus mengoptimasinya

E. mengikuti pameran produk yang diadakan berbagai lembaga pemerintah, swasta, maupun komunitas

17. Sebuah bisnis agar berjalan lancar dan sukses jika….

A. perencanaan dalam pembuatan laporan bulanan

B. pengawasan dalam pembuatan semua produk usaha

C. perencanaan yang matang dan kesiapan dalam menghadapi berbagai hal yang tidak terduga

D. memiliki skill produk yang mumpuni

E. menganalisis dan seleksi produk

18. Memiliki rekaman proses bisnis secara menyeluruh atau detail secara menyeluruh akan sangat membantu dalam hal….

A. menyelesaikan berbagai tugas dan dapat memantau tugas atau tahapan yang sudah selesai dilakukan

B. memudahkan dalam pembuatan laporan untuk pengambilan keputusan

C. meninjau perkembangan bisnis dan mengetahui adanya kekurangan dalam sebuah proses, atau mengembangkan strategi baru

D. menerima keluhan pelanggan dan memberikan solusi

E. mendorong pengusaha untuk terus melakukan inovasi atau membuat berbagai terobosan terbaru

19. Melakukan inovasi atau membuat berbagai terobosan baru akan mendorong pengusaha untuk melakukan….

A. pengembangan usaha

B. perencanaan evaluasi

C. pengawasan kinerja

D. kompetisi atau persaingan

E. evaluasi kinerja

20. Kurangnya pengalaman dalam bidang usaha akan menyebabkan….

A. kemajuan dalam penjualan produk

B. kegagalan suatu usaha atau bisnis

C. kurangnya dana untuk modal usaha

D. tidak cocoknya bakat dan minat terhadap bidang usaha

E. peningkatan inovasi produk

Hal ini akan membuat aktivitas promosi berjalan efisien. Apakah tujuan promosi tersebut untuk membangun brand awareness, mendongkrak penjualan atau meluncurkan produk baru adalah …

a. Tujuan promosi

b. Target pasar.

c. Pesan

d. Membuat anggaran promosi

e. Pilih media promosi

22. Segmentasi yang lebih spesifik untuk menghadapi perilaku konsumen yang bermacam-macam disebut …

a. Tujuan promosi

b. Target pasar.

c. Pesan.

d. Membuat anggaran promosi.

e. Pilih media promosi.

23. Banyak pelaku usaha yang biasanya melupakan pengukuran efektivitas promosi yang telah dilakukan termasuk dalam menentukan …

a. Tujuan promosi.

b. Target pasar.

c. Pesan.

d. Anggaran promosi.

e. Pengukuran efektivitas promosi.

24. Mempertimbangkan goal yang ingin dicapai, bagaimana mencapainya termasuk dalam menentukan …

a. Tujuan promosi.

b. Target pasar.

c. Pesan.

d. Anggaran promosi.

e. Pengukuran efektivitas promosi.

25. Promosi produk yang menggunakan website disebut…

a. Media elektronik.

b. Media cetak.

c. Media internet.

d. Media produk.

e. Media pemasaran.

26. Salah satu strategi yang bisa ditempuh perusahaan jika ingin memiliki posisi yang kuat pada satu segmen saja adalah strategi....

a. Bauran Pemasaran.

b. Konsentrasi segmen ganda.

c. Konsentrasi segmen tunggal.

d. Memasuki pasar.

e. Tukar Guling

27. Pada perjanjian konsinyansi, apa keuntungan yang akan diperoleh pihak consignee?

a. Barang akan cepat dikenal oleh konsumen.

b. Harga jual dan syarat penjualan dapat dikendalikan.

c. Daerah pemasaran akan menjadi semakin luas.

d. Jaminan akan kembalinya barang tetap terjamin

e. Menghemat kebutuhan modal kerja dan menghemat biaya karena sebagian biaya ditanggung consignor.

28. Suatu bentuk perjanjian dimana salah satu pihak yng memiliki barang menyerahkan sejumlah barang kepada pihak lain untuk dijual dengan memberikan komisi tertentu disebut….

a. Kosinyasi

b. Lease Purchase

c. Komisi

d. Sales Contract

e. Salesman

29. Pihak yang menyerahkan barang dalam kosinyasi disebut…

a. Cosignee

b. Commision Merchan

c. Faktor

d. Consignor

e. Conduktor

30. Yang bukan merupakan karakteristik konsinyasi adalah.…

a. Barang-barang konsinyasi harus dilaporkan sebagai persediaan oleh pengamat.

b. Pengiriman barang konsinyasi tidak mengakibatkan timbulnya pendapatan dan tidak boleh dipakai sebagai kriteria untuk mengakui pendapatan.

c. Pihak pengamat sebagai pemilik, tetap bertanggung jawab terhadap semua biaya yang berhubungan dengan barang konsinyasi.

d. Barang-barang konsinyasi boleh diperhitungkan sebagai persediaan oleh komisioner.

e. Komisioner dalam batas kemampuannya mempunyai kewajiban untuk menjaga keamanan keselamatan barang konsinyasi yang diterimanya.

Sumber :